Buku Panduan Archicad untuk arsitektur dan desain interior

Apa itu ArchiCAD ? ArchiCAD adalah software yang diciptakan oleh Grafisoft pada tahun 1982. Hingga sekarang, ArchiCAD telah mengembangkan diri secara luarbiasa sehingga software ini sangat populer di dunia arsitektur. Di Indonesia pun sudah cukup banyak pengguna ArchiCAD, indikasinya bisa di lihat dari didirikannya Grafisoft Center Indonesia (sekitar tahun 2009 – maaf kalau salah), yang mana kegiatannya difokuskan pada pelatihan (sertifikasi internasional!) dan bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi Indonesia dalam penggunaan ArchiCAD (kalau di Bandung mereka bekerjasama dengan ITENAS dan UNLA – sekali lagi, maaf kalau salah, saya cuma baca di internet J ). Komunitas dunia maya ArchiCAD di Indonesia pun sudah mulai bermunculan dan cukup ramai (sayang saya bukan arsitek, jadi ngga pede mau ikutan komunitas-komunitas ini, kan malu J). Release terakhir dari ArchiCAD adalah versi 14 (tahun 2010).


Kelebihan ArchiCAD dibanding Software CAD lain:

1. Cukup mudah dipelajari, buku-bukunya sudah banyak beredar, pelatihan formal sudah tersedia, komunitas untuk berbagi ilmu sudah cukup banyak. Silahkan download tutorial dibawah ini :

03 AC 12 Reference Guide

2. Untuk kemudahan proses penggambaran, setiap lantai dipisahkan per layer secara otomatis.

3. Gambar yang dihasilkan berupa dua output (window), 2D (pandangan atas) dan 3D (interaktif), di mana kedua output itu aktif secara bersamaan dan saling terhubung, artinya kita bisa membuat gambar pada window manapun, dan masing-masing window yang lain akan saling meng-update satu sama lain secara otomatis.

4. Untuk presentasi, tersedia fasilitas render dengan kualitas yang sangat baik, dengan output berupa image atau movie. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Grafisoft telah mengeluarkan software renderer khusus yaitu Artlantis yang bisa me-render berbagai format gambar (tidak cuma gambar keluaran ArchiCAD). Software ini juga dilengkapi dengan fasilitas flytrough, yaitu fasilitas untuk membuat animasi pasif (obyeknya diam, kamera yang bergerak) dari gambar yang telah kita buat

5. Obyek yang dilengkapi dengan parameter ukuran yang sangat detail, memudahkan kita mendapatkan obyek dengan ukuran yang benar-benar flexibel.

6. Dilengkapi dengan fasilitas penghitungan Bill Of Material atau RAB, yang kata orang formatnya cukup bagus dan bisa diterima para arsitek atau kontraktor kita, saya kurang tahu pasti, belum sempat belajar

7. Satu lagi yang lebih keren : Fasilitas GDL. Kependekan dari Geometric Description Language, yaitu pembuatan obyek dengan menggunakan script bahasa pemrograman, mirip kita dulu menggambar obyek dengan program Pascal atau bahasa C, hanya saja bahasa GDL jauh lebih sederhana. Mengapa dibilang keren? Karena dengan obyek yang didefinisikan dengan bahasa program, ukuran file menjadi sangat kecil, karena hanya memuat teks saja, oleh karenanya akan sangat mudah untuk disebarluaskan.
Merupakan sebuah buku panduan dan tutorial yang membahas tentang aplikasi ArchiCAD bagi pengguna tingkat dasar (pemula) untuk membuat desain Arsitektur dan Interior. Sangat sesuai untuk mengenal, mendalami, dan mengaplikasikan program dalam membuat berbagai bentuk desain. Buku ini dapat digunakan sebagai pedoman belajar berbagai kalangan, mulai dari pelajar SMP, SMU dan SMK hingga perguruan tinggi maupun kalangan umum.
Setelah menggunakan buku ini, pembaca akan memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam waktu yang singkat untuk menggunakan ArchiCAD dalam membuat berbagai jenis desain Arsitektur dan Interior. Pembahasannya disajikan dengan bahasa yang sederhana, lugas dan step by step, sehingga sangat fleksibel bagi siapa pun penggunanya, mulai dari kalangan pelajar hingga perguruan tinggi, kalangan umum, serta siapa pun yang berminat. 

Materi yang dibahas dalam buku mencakup: - Perangkat gambar dan edit - Jenis-jenis palette gambar - Aplikasi bidang kerja ArchiCAD - Mengamankan data desain Arsitektur dan Interior - Pra-desain Arsitektur dan Interior - Membuat desain Arsitektur dan Interior - Pencahayaan desain - Membuat denah, tampak, dan potongan - Mencetak gambar desain - Finishing dan rendering desain - Teknik presentasi desain

1 komentar:

  1. Halo rekan-rekan arsitek, ayo ikuti ...

    ** Design Contest Using ArchiCAD **

    Tema Desain : Sculpture / Coffee Shop / House Minimalist (pilih salah satu)

    Baca info lengkapnya di : https://www.facebook.com/groups/archicadku/

    BalasHapus